Cara mempercepat Booting Android dan faktor penyebabnya

shares |

Cara mempercepat Booting Android dan faktor penyebabnya - Pernahkah sobat mengalami dimana ponsel android sobat terasa lama bootingnya atau android lama sekali loading menuju layar utama bahkan sampai memakan banyak waktu sekitar 2-5 menit lamanya, sebenarnya berapa lama waktu sih yang diperlukan ponsel android anda untuk booting? Idealnya sih menurut saya adalah 30 detik tergantung spesifikasi Hpnya juga sih, teman saya juga mengeluhkan waktu yang dibutuhkan untuk booting perangkat android ini dan semua itu memang dipengaruhi oleh beberapa faktor serta penyebab kenapa bisa booting aja lama udah kayak PC pentium 3.

Cara mempercepat Booting Android dan faktor penyebabnya

Ya sudah saya akan share tips mempercepat booting android buat kalian semua dirumah, namun sebelum melangkah ke cara mengatasinya terlebih dahulu sobat mendingan tahu dulu faktor serta penyebabnya, silahkan simak.

Faktor yang mempengaruhi waktu booting android:
  1. Kapasitas memori android
    Semakin sedikit kapasitas atau ruang memori bebas yang tersisa di ponsel android, maka waktu booting ponsel akan semakin lama. penyebabnya tidak lain ponsel android selalu memeriksa terlebih dahulu file yang ada di memori HP pada saat proses booting berjalan.
  2. Aplikasi yang terinstal di ponsel
    Aplikasi yang secara otomatis berjalan ketika perangkat android sobat mulai dinyalakan, pastinya akan membutuhkan waktu untuk loading maka yang terjadi proses booting akan memakan waktu yang lebih lama dan itu begitu menjengkelkan sekali.
  3. Kernel yang digunakan
    Kernel juga begitu berpengaruh untuk waktu booting perangkat android kalian. Kernel merupakan yang bekerja untuk menghubungkan hardware ponsel dengan OS android jadi kernel yang sobat pake berpengaruh besar untuk waktu booting.
  4. ROM yang digunakan
    ROM ternyata juga sangat berpengaruh untuk waktu booting android, soalnya dalam ROM sudah terprogram aplikasi dan service default yang akan berjalan secara automatis saat perangkat dinyalakan.
Untuk mempercepat waktu booting ponsel android, ada 2 cara yang bisa digunakan
yaitu menggunakan cara manual dan menggunakan Aplikasi android, yaitu sebagai berikut:

Tips Mempercepat Android Secara Manual Tanpa Aplikasi:
  1. Pastikan ruang kosong yang tersedia di memori internal maupun eksternal masih banyak artinya, minimal untuk menyediakan seperlima dari kapasitas memori anda sebagai ruang bebas (kosong).
  2. Hapus aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi, karena kebanyakan aplikasi akan membuat perangkat tablet maupun hape jadi lelet dan bahkan puluhan aplikasi akan berjejal berjalan dibackground itu akan membebani kinerja perangkat secara siqnifikan.
  3. Gunakan kernel yang cocok untuk perangkat android sobat. Tidak semua kernel cocok untuk ponsel android.kernel yang digunakan tergantung dari ROM android dan juga versi dari OS android dan firmware.
  4. Gunakan ROM yang memiliki kelebihan dalam hal booting dan meningkatkan performa android sobat. Jadi, harus lebih memilih peningkatan kinerja daripada tampilan yah.

Tips Mempercepat Booting Android Menggunakan Aplikasi:
  1. Aplikasi yang digunakan untuk mempercepat waktu booting ponsel disebut "Rescan Media Root" download di Google playstore [Disini].
  2. Aplikasi rescan membutuhkan akses root jadi pastikan perangkat android sudah di root, jika belum [Baca disini].
Cara menggunakan Aplikasi Rescan Media Root, simak caranya dibawah ini:
  • Download lalu install aplikasi Rescan Media Rootnya.
  • Aktifkan USB Debugging dengan cara masuk ke Settings => Applications => Development, Kemudian centang USB Debugging.
  • Buka aplikasi Rescan Media Root - pilih Disable Media Scanner
  • Tutup aplikasi Rescan, lalu restart perangkat android sobat.
  • Bandingkan dengan sebelum menggunakan aplikasi yang pastinya perangkat android akan terasa begitu lebih cepat booting dan loadingnya setelah menggunakan aplikasi Rescan.
[ P455w0rd d1 94mb4r D1b4w4h 1n1 ]
Semoga bermanfaat, Selamat Mencoba!!!

Related Posts